Hubungan Null Modem

Posted: October 7, 2010 in Electronics

Null modem digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih DTE secara bersamaan. Hal ini juga bisa digunakan dengan banyak Sistem Pengembangan Mikroprosessor ( Microprocessor Development System ).

 Gambar 1. Wiring Diagram Null Modem

Tujuan hubungan ini untuk mengurangi biaya dalam pembuatan network. Dalam pemasangannya hanya dibutuhkan tiga kabel yaitu TD, RD, dan GND. Setiap data yang dikirimkan oleh DTE pertama harus diterima oleh DTE kedua. Maka dari itu TD dihubungkan dengan RD. Sinyal ground juga harus dihubungkan bersama antara kedua DTE.

Data Terminal Ready ( DTR ) diumpan balikkan ke Data Set Ready ( DSR ) dan Data Carrier Detect ( DCD ) pada kedua DTE. Saat DTR diaktifkan, kemudian DSR dan DCD segera aktif. Saat ini DTE berfikir virtual modem yang dihubungkan siap menerima data dan telah mendeteksi carrier dari virtual modem tersebut.

Request To Send ( RTS ) diumpan balikkan ke Clear To Send ( CTS ). Karena kedua DTE berkomunikasi pada baud rate yang sama, maka flow control tidak dibutuhkan. Maka dari itu kedua line ini dihubungkan bersama pada tiap DTE. Saat DTE akan mengirim data, RTS menjadi High, begitu pula dengan CTS. Maka DTE menganggap diperbolehkan untuk mengirim data.

Ring Indicator ( RI ) tidak dihubungkan kemana – mana. Hal ini dilakukan karena RI hanya digunakan untuk memberi tahu DTE bahwa ada sinyal dering pada line telepon. Karena tidak menggunakan modem yang dihubungkan dengan line telepon, maka RI dibiarkan tidak terhubung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s