Capital Budgeting

Posted: November 13, 2010 in Engineering Economics

What is capital budgeting?

• Analysis of potential projects.

• Deciding which one is more important

• Adds to the firm value

 

Importance of capital budgeting

• Strategic direction

• Long term decision and effects last long time

• It might have serious financial consequences

 

Capital budgeting success

• Flow of ideas

• Proper incentive

• Screening

• Selection by priority

 

Does all projects require capital budgeting?

• Cost of capital budgeting should be considered

• Simple or complicated decisions

• Value of investment to the firm

 

Independent & mutually exclusive projects?

Projects are independent, if the cash flows of one are unaffected by the acceptance of the other. Mutually exclusive, if the cash flows of one can be adversely impacted by the acceptance of the other.

 

Capital budgeting decision rules

• Payback period

• Discounted payback period

• NPV

• IRR

• MIRR

• Profitability index

 

What is the payback period?

The number of years required to recover a project’s cost, or how long does it take to get the business’s money back?

 

Quote

Managerial Finance, Hussain A. Al Awami, B.Sc. Pharm., M.Sc., MBA

Basic Electrical

Posted: November 13, 2010 in Automotive

Tujuan : 

memperoleh pengetahuan dasar tentang listrik dan elektronik sehingga dapat menerapkan pengetahuan ini untuk memperbaiki sistem kelistrikan pada kendaraan.

 

Tegangan 

adalah tekanan yang mendorong arus disekitar rangkaian.

Tegangan 1 volt adalah arus sebesar 1 Ampere ( A ) yang mengalir melalui konduktor dengan menggunakan energi sebesar 1 Watt ( W ).

satuan tegangan : Volt ( V )

 

Arus 

Arah arus dari kutub positif ke kutub negatif, sedangkan arah elektron dari kutub negatif ke kutub positif

satuan arus : Ampere ( A )

1 Ampere = 1 Coulomb per detik

 

Jenis Arus 

Arus DC (Direct Current)

Arus AC (Alternating Current)

 

Resistan Listrik 

Resistan 1 ohm adalah resistan yang dapat dilalui arus 1A ketika tegangannya 1V.

satuan resistan : Ohm ( Ω )

 

Konduktor dan Non Konduktor 

  1. Konduktor adalah bahan yg mempunyai resistan kecil dan mudah menghantarkan arus. Contoh : Perak, tembaga, aluminium, besi, karbon.
  2. Isolator adalah bahan yang mempunyai resistan besar tidak mudah menghantarkan arus. Contoh : Kaca, keramik, bakelite
  3. Semikonduktor : Bisa menjadi konduktor atau non konduktor, tergantung pada kondisi tertentu dari luar, (arah listrik, medan magnet, cahaya, getaran, panas). Contoh : Germanium, silikon

 

 

Hukum Ohm 

V = I x R

I = V / R

R = V / I

Dimana :

V = Tegangan (volt)

I = Arus (amper)

R = Resistan (ohm)

 

 

Daya Listrik 

Daya listrik adalah jumlah kerja per satuan waktu ( tenaga ( watt ) )

P = V x I

P = I 2 x R

P = V 2 / R

1 Wh = 3600 J ( Joule )

 

Hubungan Resistor Seri dan Paralel

Hukum Kirchoff 1

Arus total yang masuk ke dalam titik manapun dalam suatu sirkuit sama dengan arus total yang mengalir keluar dari titik tersebut.

Σ I = 0

I 1 + I3 + I5 = I2 + I4

Hukum Kirchoff 2

Jumlah tegangan jatuh pada tiap beban dalam rangkaian tertutup sama dengan jumlah tegangan sumbernya.

Σ V = 0

Vs = V1 + V2 + V3

Operations Research

Posted: October 23, 2010 in Operation Research
Operations Research adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan suatu tindakan terbaik dalam suatu keterbatasan resource. Resource (sumber daya) dapat berupa dana atau uang, tenaga kerja, dan waktu. Operation Research (OR) bertujuan untuk memperoleh kondisi yang optimal dari keterbatasan resource tersebut.
 Pendekatan dalam pengambilan keputusan dapat berupa nilai kuantitatif, dan seni (art). Art yang dimaksud dapat berupa persepsi, pengalaman, dan kepandaian. Pengambilan keputusan pada OR diperoleh dengan cara memodelkan permasalahan. Model yang digunakan bersifat kuantitatif (matematis).
Model merupakan representasi dari sistem nyata atau transformasi dari dunia nyata.

Statistik

Posted: October 23, 2010 in Statistics

Apa itu Statistik ?

Statistik adalah seni, pengetahuan atau metode untuk mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasikan data untuk pengambilan keputusan yang baik.

 

Mengapa kita perlu mengetahui tentang Statistik ?

  • mengetahui informasi bagaimana kondisi terkini.
  • Untuk mengetahui bagaimana cara menarik kesimpulan tentang populasi berdasarkan informasi sample.
  • Untuk mengetahui cara meningkatkan proses.
  • Untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkan reliable forecast.

 

Area Aplikasi

  • Economics : Forecasting, Demographics.
  • Engineering : Construction, Materials.
  • Sports : Individual & Team Performance.
  • Business : Consumer Preferences, Financial Trends.

 

Definisi Kunci

  • Populasi adalah kumpulan hal-hal yang sedang dipertimbangkan.
  • Sample adalah sebagian dari populasi yang dipilih untuk analisis.
  • Parameter adalah ukuran ringkas, dihitung untuk menggambarkan karakteristik populasi.
  • Statistik adalah ukuran ringkasan, dihitung untuk menggambarkan karakteristik sample.

 

Adapted From : Introduction to Business Statistics, 5e, Kvanli/Guynes/Pavur y (c)2000, South-Western College , Publishing, Statistics for Managers, Using Microsoft® Excel 4th Edition.

Inflasi (Inflation)

Posted: October 20, 2010 in Engineering Economics

Actual dollars adalah jumlah dolar yang sebenarnya pada waktu tertentu dan istilah dolar yang biasa orang pikirkan. Biasa juga disebut sebagai current dollars, atau inflated dollars (Canada, Sullivan, and White, 1996:448). Disimbulkan dengan “A$”.

 Real dollars adalah daya beli dolar pada waktu tertentu tanpa memperhatikan waktu actual dollars terjadi. Biasa juga disebut constant worth dollars, constant dollars, atau uninflated dollars (Canada, Sullivan, and White, 1996:448). Disimbukan dengan “R$”.

Aktual dolar pada setiap waktu dapat diubah menjadi real dolar pada waktu n mejadi daya beli pada saat waktu dasar k. Dengan rumusan :

atau

Dimana f adalah average inflation rate tiap perioda sampai perioda n – k.

 

Real interest rate adalah peningkatan daya beli riil yang dinyatakan sebagai percent per period, atau interest rate dimana R$ outflow setara dengan R$ inflow (Canada, Sullivan, and White, 1996:449). Disebut juga real monetary rate atau uninflated rate dan dinotasikan dengan ir.

Combined interest rate adalah peningkatan jumlah dolar untuk menutupi real interest dan inflation yang dinyatakan sebagai percent per period; adalah interest rate dimana A$ outflow setara dengan A$ inflow (Canada, Sullivan, and White, 1996:449). Disebut juga actual rate atau inflated rate dan dinotasikan dengan ic.

Inflation rate adalah kenaikan harga barang atau jasa yang ditentukan sebagai percent per time period (Canada, Sullivan, and White, 1996:449). Dinotasikan dengan f. Keseluruhan rate baik untuk individu maupun organisasi disebut dengan general inflation rate.

Karena real interest rate dan inflation rate merupakan hasil pengalian atau efek compund, maka :

Sehingga :

dan

Depresiasi (Depreciation)

Posted: October 18, 2010 in Engineering Economics

Tujuan utama perhitungan depreciation adalah menyiapkan penggantian (recovery) dana yang diinvestasikan pada property yang diperkirakan akan berkurang nilainya sesuai waktu dan atau penggunaan. Depreciation adalah pengurangan nilai fisik property selama waktu tertentu. Lebih spesifik, depreciation adalah konsep akuntansi yang menetapkan suatu pengurangan tahunan terhadap before-tax income sehingga efek penggunaan dan waktu pada nilai asset itu akan tercermin dalam laporan keuangan suatu perusahaan (Canada, Sullivan, and White, 1996:140). Jumlah aktual depreciation tidak pernah dapat ditetapkan sampai dengan asset tersebut tidak digunakan lagi. Property yang mengalami depreciation adalah property yang digunakan dalam bisnis untuk menghasilkan income. Property mengalami depreciation jika memenuhi persyaratan antara lain : property harus digunakan dalam bisnis atau dimiliki untuk menghasilkan income, property harus memiliki umur tertentu dan umurnya harus lebih dari satu tahun, dan property harus menjadi sesuatu yang habis pakai, meluruh, menjadi habis, menjadi usang, atau kehilangan nilai dari penyebab alami. Property yang mengalami penyusutan dapat diklasifikasikan menjadi tangible atau intangible. Tangible property adalah setiap property yang dapat dilihat atau disentuh. Intangible property adalah property yang tidak nyata seperti hak cipta atau waralaba. Property baru yang harus menggantikan property lama (repacement cost) lebih mahal dibanding dengan property yang lama, tetapi menurut perjanjian (berlaku secara internasional), harga property lama itulah yang digunakan untuk menghitung depreciation.

 Salah satu metode yang digunakan untuk menghitung depreciation adalah Unit-of-Production Depreciation. Metode ini menghasilkan total investasi yang mengalami depreciation dan dialokasikan sesuai dengan unit yang diproduksi, dan membutuhkan estimasi waktu total penggunaan produktif. Dirumuskan dengan :

dimana :

.

.

Glow Plug

Posted: October 18, 2010 in Automotive

Glow Plug pada Self Regulating Glow System merupakan elemen yang terletak pada chamber pencampuran bahan bakar udara.

Gambar 1. posisi Glow Plug pada Engine

Tipe glow plug yang digunakan adalah tipe metal. Dimana glow plug ini mempunyai ciri – ciri memberikan pemanasan yang cepat dan fungsi untuk mengatur saturasi suhu nya sendiri. Sehingga dapat mengontrol rangkaian dengan mudah dan biaya sistem yang rendah.

Fungsi

Glow plug berfungsi sebagai pemanas agar campuran bahan bakar dengan udara lebih mudah diledakkan, dapat mengurangi bahkan menghilangkan asap putih atau hitam dan mengurangi knocking saat kondisi engine masih dingin.

Seluruh permukaan coil ditutup dengan insulator listrik ceramic ( magnesium oxide ) dengan konduktifitas panas yang sangat tinggi. Coil dipadatkan didalam bubuk sehingga coil tersebut duduk dengan kuat. Hal ini menyebabkan heating dan control coil tahan terhadap vibrasi.

  

Gambar 2. Glow Plug tipe metal

Cara Kerja

Prinsip dasar dari glow plug adalah kombinasi dari heating dan control coil yang membentuk joint resistance element. Heating dan control coil dihubungkan secara seri. Kedua coil tersebut mendapat kutub positif, tapi memiliki perbedaan resistansi temperature tinggi. Control coil memiliki koefisien lebih tinggi dari pada heating coil.

Heating coil dan ujung glow plug merupakan tempat dihasilkannya daerah panas. Resistansi bahan control coil akan meningkat jika temperature meningkat. Hal tersebut akan membatasi arus dan temperature.

Saat preheating arus akan mengalir melalui control coil dan heating coil. Yang akan menyebabkan ujung glow plug akan membara. Waktu pemanasan glow plug berbeda sesuai dengan tipe engine. Ini berarti temperature control coil telah dipanasi oleh arus yang semakin lama semakin bertambah. Karena resistansi elektrikal meningkat maka arus akan berkurang sehingga arus yang masuk ke glow plug dapat diatur.

Gambar 3. Struktur Glow Plug tipe Metal

 

 Gambar 4. Grafik temperature glow plug terhadap waktu